Akankah PPP ditinggal pendukungnya

28 Oct 2014

Sejak jaman engkong gw ini Partai Persatuan Pembangunan (PPP) udah jadi partai pilihan keluarga. Maklum partai berlambang ka’bah ini satu-satu partai islam yang ada di jaman era presiden Soeharto.

Inget betul, gw masih SMP udah ikut-ikutan abang gw kampanye PPP. Dari mulai berganti lambang menjadi bintang dan kembali ke lambang ka’bah.

Lahirnya era reformasi melahirkan banyak partai. Kebebasan demokrasi yang dulu ditekan Soeharto kini tak lagi menakutkan. Ibarat air keran yang disumpel lubangnya setelah dilepas airnya muncrat kencang kemana-mana.

Dari era itu Partai islam tak hanya PPP tapi juga muncul PKB, PAN, PPB serta PKS. Partai tersebut muncul dari organisasi islam yang ada di Indonesia dengan aliran yang berbeda. Munculnya partai islam baru tentu saja menggerogoti partai PPP. Politisi PPP terpecah ke partai-partai islam lain yang merupakan induk dari ormas massa islam. Sebut saja PKB yang milik warga NU dan PAN milik warga Muhammadiah.

Kini, partai islam tertua tengah menghadapi perpecahan pengurusnya. Terlebih sejak ketua umumnya Suryadarma Ali ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Goyangan semakin terasa. Tak hanya tersangkut masalah KPK, aksi dukungan Suryadarma ke kubu Prabowo saat pemilihan presiden kemarin menambah perpecahan di kubu PPP.

Bersambung…


TAGS PPP


-

Author

Hanya seorang admin

Search

Recent Post